KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan YME atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat
menyelesaikan modul pembelajaran pencemaran lingkungan ini.
Perubahan
paradigma belajar dari behaviorisme ke konstruktivisme dan berbasis pendidikan
karakter menuntut siswa sebagai pebelajar untuk dapat belajar secara mandiri
dan aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan tanpa harus selalu tergantung pada
guru. Untuk memenuhi tuntutan tersebut siswa memerlukan media belajar, salah
satunya dapat berupa modul. Sebagai salah satu usaha membantu siswa
mengkonstruksi pengetahuannya secara aktif dan mandiri serta menyambut
pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, maka disusun modul ini dengan
memperhatikan tahapan-tahapan belajar dalam metode pembelajaran siklus belajar
teori konstruktivisme. Dengan modul ini penyusun berharap siswa SMK kelas XI
benar-benar dapat mengkonstruksi pengetahuannya dengan bantuan guru sebagai
fasilitator.
Modul
mengandung kompetensi dasar, yaitu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh
siswa setelah menyelesaikan kegiatan-kegiatan belajar dalam modul ini dan
setiap kegiatan belajar terdapat indikator yang harus dimiliki dan ditunjukkan
siswa setelah menyelesaikan setiap kegiatan belajar.
Modul ini berisi:
- Kegiatan belajar 1: Pencemaran Air
- Kegiatan belajar 2: Pencemaran Udara
- Kegiatan belajar 3: Pencemaran Tanah
- Kegiatan belajar 4: Pencemaran Suara
Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa
modul ini masih banyak adanya kekurangan/kelemahan. Oleh karena itu,
penyusun mengharapkan saran dan kritik yang membangun.
Akhir kata
penyusun ingin menyampaikan terima kasih kepada Bapak Prof. Dr. H. Iskandar Wiryokusumo, M. Sc dan Bapak
Drs. H. Djoko A. W., S. T., M. Pd serta
Ibu Dr. Sukarjati, M. Kes yang telah membimbing penyusunan modul ini.
Penyusun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar