Jumat, 03 Agustus 2012


KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Tuhan YME atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan modul pembelajaran pencemaran lingkungan ini.
            Perubahan paradigma belajar dari behaviorisme ke konstruktivisme dan berbasis pendidikan karakter menuntut siswa sebagai pebelajar untuk dapat belajar secara mandiri dan aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan tanpa harus selalu tergantung pada guru. Untuk memenuhi tuntutan tersebut siswa memerlukan media belajar, salah satunya dapat berupa modul. Sebagai salah satu usaha membantu siswa mengkonstruksi pengetahuannya secara aktif dan mandiri serta menyambut pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, maka disusun modul ini dengan memperhatikan tahapan-tahapan belajar dalam metode pembelajaran siklus belajar teori konstruktivisme. Dengan modul ini penyusun berharap siswa SMK kelas XI benar-benar dapat mengkonstruksi pengetahuannya dengan bantuan guru sebagai fasilitator.
            Modul mengandung kompetensi dasar, yaitu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa setelah menyelesaikan kegiatan-kegiatan belajar dalam modul ini dan setiap kegiatan belajar terdapat indikator yang harus dimiliki dan ditunjukkan siswa setelah menyelesaikan setiap kegiatan belajar.
            Modul ini berisi:
  1. Kegiatan belajar 1: Pencemaran Air
  2. Kegiatan belajar 2: Pencemaran Udara
  3. Kegiatan belajar 3: Pencemaran Tanah
  4. Kegiatan belajar 4: Pencemaran Suara
Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa modul ini masih banyak adanya kekurangan/kelemahan. Oleh karena itu, penyusun mengharapkan saran dan kritik yang membangun.
Akhir kata penyusun ingin menyampaikan terima kasih kepada Bapak Prof.  Dr. H. Iskandar Wiryokusumo, M. Sc dan Bapak Drs. H. Djoko A. W., S. T., M. Pd  serta Ibu Dr. Sukarjati, M. Kes yang telah membimbing penyusunan modul ini.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Penyusun

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar