KEGIATAN SISWA 3 (TAHAP EKSPANSI)
Tujuan : untuk mengetahui apakah sampel air yang
diamati
oleh siswa tercemar atau tidak.
Alat dan
bahan : tongkat panjang 100 cm, kertas lakmus,
alat
tulis
Petunjuk :
1. Amatilah macam-macam air yang ada di daerah
sekitarmu! (Misalkan air kolam, air selokan, air sungai, dsb).
2. Tentukan air yang Anda amati termasuk air
tercemar atau tidak tercemar dengan mengamati ciri-cirinya antara lain warna,
bau, dan pH.
3. Jika air yang Anda amati termasuk air tercemar,
tentukan sumber pencemarannya!
4. Buatlah kesimpulan hasil
pengamatan
Tabel Pengamatan
No
|
Jenis air yang diamati
|
Perbandingan
|
Ciri-ciri
|
Sumber pencemaran
|
|
|
|
|
|
Tugas Kelompok:
1. Buatlah kliping tentang pencemaran air minimal 2
judul artikel!
2. Cantumkan sumber bacaan/artikel kliping yang Anda
buat!
3. Lengkapi kliping Anda dengan komentar dan saran
minimal 1 lembar folio!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar