Rabu, 01 Agustus 2012


Rangkuman
1.    Air sangat berguna bagi kehidupan, misalnya untuk keperluan rumah tangga (mandi, memasak, minum, dsb), pertanian, industri, dan perikanan.
2.     Air yang bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan hidup sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila dimasak. Kriteria air bersih antara lain air tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa, mempunyai pH berkisar antara 6,5 – 7,5, tidak terdapat zat-zat kimia, tidak terdapat mikroba, harga DO adalah 8,32 mg/L, harga BOD sebesar 5 ppm/L.
3.    Sumber pencemaran air antara lain limbah rumah tangga, limbah pertanian, limbah industri dan limbah pertambangan.
4.     Upaya penanggulangan pencemaran air adalah:
4.1   Penanggulangan Secara Non-Teknis, seperti Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), perencanaan kawasan kegiatan industri dan teknologi, pengaturan dan pengawasan kegiatan, menanamkan perilaku disiplin.
4.2  Penanggulangan Secara Teknis, seperti menggunakan pupuk alami dan menggunakan binatang pemakan hama sebagai pengganti pestisida, tidak membuang sampah ke sungai atau ke perairan lainnya, mengolah limbah sebelum dibuang ke lingkungan, terutama limbah cair agar tidak mengganggu lingkungan.
4.3  Penanggulangan Secara Edukatif, baik melalui pendidikan formal maupun non-formal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar